Ternyata banyak dari kawan kawan diluar saja tidak tau ukuran pastinya agar sebuah ban enak jika digunakan cornering ataupun roadrace,

Perlu di ketahui bahwa untuk mendapatkan wujud yang ideal dari ban , ukuran ban harusnya diseuaikan dengan ukuran velg yang digunakan.

Hal ini sangat berbanding terbalik dari apa yang tim MOTORUN pantau selama ini tentang penggunaan ban yang tidak sesuai ukurannya atau banyak disebut ban cacing  . 

Salah satu fenomena yang masih banyak dijumpai di jalan raya, Entah apa alasan pemilik motor mengganti ban berukuran standar dengan ban cacing. Padahal, ini sangat tidak direkomendasikan jika untuk pemakaian harian.

Badan Kehormatan Road Safety Association (RSA) menjelaskan, penggunaan ban cacing untuk kegiatan sehari-hari adalah salah satu contoh kesalahaan pemilik kedaraan dalam memilih dan menggunakan ban. Sebab, tapak ban yang mencengkram aspal sangat sedikit.

Jadi jangan berharap dengan menggunakan ban cacing anda dapat melakukan tindakan cornering dengan baik. salah salah bisa kecelakaan.




Menurut tim MOTORUN Ban ukuran kecil ini sebenarnya hanya cocok jika digunakan dalam balapan jenis dragrace, dan akan sangat berbahaya jika digunakan di jalan raya.

Wah malah bahas ban cacing nih....

Balik ke pembahasan ban yang cocok digunakan untuk kegiatan cornering adalag sebagai berikut :


Dari tabel tersebut dapat dilihat ternyata ban yang digunakan gak asal gede saja. tapi disesuaikan ukuran velg  agar bentuk dari ban bisa maksimal, terlebih dalam menapak dengan aspal.

Sekian dulu sampai jumpa lagi

Salam MOTORUN,

No comments