• Facebook
  • Instagram
  • Youtube

October 20, 2018

Asal Pasas Balancer dan Magnet, Torsi Bisa Jadi Korban

Istilah papas magnet dan balancer sangat akrab ditemukan di kancah per koharan tanah air, Banyak diantaranya hanya sekedar ikut ikutan tanpa mengerti benar sebenarnya untuk apa tujuan pemapasan tersebut.



Umumnya pada motor balap, magnet dipapas buat memperringan beban putaran mesin. Agar bisa raih putaran mesin tinggi tanpa khawatir kruk as mudah melintir, dengan cara seperti mesin akan mudah untuk mencapai putaran atas dengan waktu lebih singkat. Bobot balancer pun biasanya ikut diringankan. Supaya putaran mesinnya balance atau imbang, sehingga getarannya jadi minim.

Nah, ketika bobot balancer dikurangi, otomatis torsi mesin akan berkurang. Jadi biasanya akan dirasakan akselarasi akan jauh meningkat namun minusnya adalah tarikan motor saat dibawa nanjak jadi kurang nendang. Apalagi ketika bawa beban tambahan seperti berboncengan, motor jadi terasa ngempos atau kehilangan tenaga.

Motor dengan torsi yang lebih besar lebih mudah dikendarai karena torsinya dihasilkan dari RPM yang rendah. Keuntungan menggunakan RPM rendah adalah kerja mesin lebih ringan sehingga membuat mesin lebih awet dan hemat bahan bakar. (W.H.S)

0 comments:

Contact

Get in touch with MOTORUN INDONESIA


Adress/Street

MOTORUN INDONESIA GARAGE

Jepara - Jawa Tengah - Indonesia 59462

Phone number

+(62)81 326 0050 22

Website

Web : www.motorun.id

Facebook : motorun.id

Instagram : motorun_id