Ada cara untuk merubah Noken As Satria FU untuk dapat menggunakan bearing tanpa harus melakukan bubut pada Head. Tujuan mengubah desain dudukan noken as Suzuki Satria F menggunakan bearing/laher adalah mengurangi kerugian mekanis. Harapannya dengan efisiensi gerak semakin baik, tentu performa motor lebih optimal. Berikut panduan secara singkat mengubah dudukan camshaft Satria menggunakan laher/bearing.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh tiap tiap teknisi, tapi solusi terhemat dan cukup awet yang dilakukan tim dari MOTORUN adalah dengan merubah noken asnya saja , tidak melakukan frais atau bubut bubut pada head, dengan begitu kita tidak perlu mengorbankan head ,  Bagaimana caranya ?

Caranya adalah dengan menggunakan ball bearing bukan jenis bearing bambu, dan hanya membubut ujung Noken As  selebar bearing sehingga nantinya bearing akan tertancap di ujung noken as. 








Berapa Kode Bearing unyuk modif noken As Satria FU ?

Banyak sekali bearing bearing untuk modif noken as Satria FU yang bisa dugunakan, tapi rata rata dari mereka harus mengorbankan head,


Kerugian Bearing Jenis Bambu untuk modif noken as Satria FU 

  1. kita perlu membuat jalur oli, pekerjaan akan semakin ribet dan sulit 
  2. tutup noken as, ini akan biaya tambahan lagi
  3. Ketahan bearing jenis ini apalagi jika digeber di RPM tinggi tidaklah bagus.. jadi akan memerlukan biaya untuk maintenance yang lebih;.


Kelebihan Bearing Jenis Ball untuk modif noken as Satria FU 

  1. Tidak perlu mebuat Jalur oli. Karena oli sudah pada tempat dan jalurnya
  2. Tidak perlu membuat tutup noken as. karena bearing sudah dilengkapi dengan tutup 
  3. Ketahanan bearing jenis ini jika di geber di RPM tinggi terus menerus cukup bagus. apalgi dengan bahan yang dipilih memiliki kualitas tinggi.
  4. Dengan merubah menjadi bearing maka head tidak cepat aus. karena gesekan yang terjadi sudah diminimalisir oleh bearing.


Berapa Harga Bearing unyuk modif noken As Satria FU ?
Bowo, dari MOTORUN membeberkan harga yang dipatok untuk satu set adalah berkisar 200 ribu, sedangkan jika terima jadi tinggal pasang adalah 350 ribu (
dengan catatan noken as dari customer) harga ini bisa berubah sewaktu waktu. 

UNTUK MEMEBELI BEARING INI TIDAKLAH REPOT KARENA MOTORUN SUDAH MEMBERIKAN LINK DI MARKETPLACE UNTUK BISA DIAKSES DI SELURUH INDONESIA , LINK ADA DI BAWAH INI